Customer Relationship Management in Business Strategies

Post saya kali ini akan membahas jurnal mengenai Database management yang berhubungan dengan CRM (Customer Relationship Management).
Jurnal yang saya baca mempunyai judul Developing new business strategies in B2B markets by combining CRM concepts and online database.
Jurnal kali ini menggambarkan bagaimana database online yang tersedia dari vendor komersial, bisa digunakan sebagai dasar
untuk mengembangkan strategi bisnis baru.
Penekanan ditempatkan pada penggunaan customer relationship management (CRM) untuk mengidentifikasi calon pelanggan baru untuk perusahaan B2B berteknologi tinggi.
Secara khusus, konsep customer lifetime value digunakan untuk mengevaluasi pelanggan saat ini dan mencocokkan profil mereka dengan profil prospek baru dari database.
Jurnal ini berkontribusi terhadap literatur strategi persaingan dengan mendokumentasikan keberhasilan penggunaan pendekatan CRM mengembangkan strategi pemasaran dan taktik untuk perusahaan B2B yaitu mencari pertumbuhan dengan mendapatkan pelanggan baru.
Penggunaan strategi dan taktik CRM sekarang menjadi salah satu dari kekuatan pendorong utama di balik banyak perusahaan yang berupaya menciptakan nilai lebih untuk pelanggan dan menghasilkan arus pendapatan jangka panjang untuk mereka sendiri.
Menurut Slater,1996. Sejak terciptanya superior value bagi pelanggan yang dibutuhkan untuk menghasilkan dan memelihara competitive advantage berkelanjutan banyak perusahaan yang kembali melihat aktivitas CRM sebagai bagian penting dari strategi kompetitif perusahaan.
Penggunaan database pada operasi pemasaran perusahaan digunakan untuk mengembangkan dan mengelola aktivitas CRM.
Maka jurnal ini membahas mengenai ilustrasi penggunaan online database dalam memberikan dasar untuk pengembangan strategi pemasaran.
Bahasan didalam jurnal ini juga akan menyertakan situasi persaingan perusahaan agar dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai penelitian yang dilaporkan dalam makalah ini.
Literatur yang dibahas didalam jurnal ini mengenai CRM juga luas, dibahas juga mengenai konsep Customer Lifetime Value yang dikembangkan sebagai cara menentukan nilai pembelian moneter pembeli ke penjual dari waktu ke waktu.
Penelitian kemudian dilanjutkan dengan beberapa langkah kedepan.
Langkah-langkah tersebut akan mengevaluasi nilai CLV pelanggan pada jangka waktu tertentu terhadap perusahaan. Hal ini dilakukan karena CLV merupakan bagian penting dari proses CRM.
Pada akhirnya jurnal ini berfungsi sebagai contoh keberhasilan penerapan filosofi CRM dalam melakukan bisnis di pasar B2B.

 

refernces : https://www.emeraldinsight.com/doi/pdfplus/10.1108/cr.2006.16.1.38

Tinggalkan komentar